Jumat, 02 Desember 2011

Elemen Basis Data

Basis data mempunyai beberapa elemen pembentuk, dimana elemen - elemen ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah basis data, elemen - elemen tersebut adalah sbb :

  • Entitas adalah sekumpulan objek yang terdefinisikan yang mempunyai karakteristik sama dan bisa dibedakan satu dengan lainnya. Objek dapat berupa barang, orang, tempat atau suatu kejadian.
          misalnya : mahasiswa, barang,
  • Atribut adalah deskripsi data yang bisa mengidentifikasi entitas yang membedakan entitas tersebut dengan entitas yang lain. Seluruh atribut harus cukup untuk menyatakan identitas obyek, atau dengan kata lain, kumpulan atribut dari setiap entitas dapat mengidentifikasi keunikan suatu individu
          misalnya : Entitas Mahasiswa mempunyai atribut : No_Pokok mahasiswa, Alamat dll .
                         Entitas Barang mempunyai atribut   : Kode_Barang, harga_barang dll.
  • Data Value (Nilai Data) : Data Value adalah data aktual atau informasi yang disimpan pada tiap data, elemen, atau atribut. Atribut nama pegawai menunjukan tempat dimana informasi nama karyawan disimpan, nilai datanya misalnya adalah Anjang, Arif, Suryo, dan lain-lain yang merupakan isi data nama pegawai tersebut.
  • File/Tabel : Kumpulan record sejenis yang mempunyai panjang elemen yang sama, atribut yang sama, namun berbeda nilai datanya.
  • Record/Tuple : Kumpulan elemen-elemen yang saling berkaitan menginformasikan tentang suatu entitas secara lengkap. Satu record mewakili satu data atau informasi.
Oke setelah kita ketahui elemen - elemen pembentuk sebuah basis data maka kita akan segera masuk ke materi berikutnya ....sampai ketemu di pertemuan berikuitnya....













Tidak ada komentar:

Posting Komentar